Inspirasi Direksi: Ir. Djarwo Surjanto, Dipl. HE. , Direktur Utama PT. Pelindo III (Persero)

SDM MASA DEPAN BUKAN SUMBER BIAYA, MELAINKAN ASET

KITA PERLU PERKUAT LINI DEPAN OPERASIONAL

Pada saat kita bicara tentang SDM, saya ingin tekankan tantangan nyata bagi PT. Pelindo III (Persero). Selepas UU No. 17 tahun 2008 tentang Pelayaran, dan PP No. 61 Tahun 2009 tentang Kepelabuhanan, kita betul-betul harus mengubah mind set. Kita adalah Terminal Operator. Bukan sekedar Pengusaha Jasa Kepelabuhanan.

Karena kita adalah Terminal Operator, maka kita harus siap dalam banyak hal. Tidak saja masalah manajerial. Justru, kita perlu perkuat jajaran lini depan perusahaan. Ya, lini depan pegawai kita. Bisa jadi, sebagian dari mereka adalah pegawai outsourcing. Jika demikian, mereka pun harus dididik, dilatih, dikembangkan agar tampil sebagai pelayan yang prima. Kita tidak bisa melepaskan citra perusahaan di garda depan, dengan model pegawai atau pekerja, atau karyawan, yang tidak bersikap dan berperilaku, layaknya pekerja Terminal Operator yang prima.

Sebagai autokritik, saya ingin bercerita bahwa saya sering melakukan sidak (inspeksi mendadak). Dan agak tercengang, bahwa ada sebagian pekerja lapangan tidak ada di tempat ketika jam kerja. Mereka kemana ? Juga, pada hari tertentu, cabang tertentu, tampak dermaga kita ”dikuasai” para pemancing, penduduk yang nyantai, dan tidka tergambar adanya area Terminal yang steril. Ini memprihatinkan. Ini perlu dibenahi. Ini perlu dievaluasi dan dieksekusi, direhabilitasi cara kerja dan disiplin kerjanya.

SDM Masa depan perusahaan, bukan lagi dipandang sebagai sumebr biaya. Kita mengikuti dan menyesuaikan dengan pandangan terbaru dalam manajemen SDM, bahwa era sekarang adalah era Human Capital. Saya percaya itu. Artinya, SDM adalah aset yang berharga. Ia perlu dimaintenance, perlu dikembangkan, dimajukan, karena di sanalah letak maju tidaknya perusahaan.

Jadi, dengan pengalaman sidak saya, kita memang perlu berbenah. Kita harus lakukan banyak evaluasi. Lini depan operasional harus kita perkuat. Bukannya manajerial tidak penting. Itu juga penting. Namun khusus untuk lini depan kita, perlu pembenahan yang lebih sistematis, mengena, jelas dan tegas, yang intinya lini depan harus diletakkan pegawai yang benar-benar mumpuni dan mengetahui tugas dan tanggung jawabnya.

Kita sangat appreciate, bahwa PT. Pelindo III, perusahaan kita, alhamdulillah mendapatkan banyak penghargaan manajerial. Di Singapura, kita mendapatkan banyak award, bahkan The Best untuk perusahaan non listed, dan saya juga dengar 20 Juni 2011 yang lalu, kita The Best Human Capital Index dan The Best Promotor Score dari Majalah Business Review dan Konsultan Dunamis, Jakarta, yang artinya kita masih terbaik untuk Perusahaan Kategori Jasa Transportasi, dan sangat layak direkomendasikan ke khalayak. Ini sangat bagus. Kita juga turut bangga dan bahagia.

Dan, lagi-lagi ini penting. Kita perlu meningkatkan lagi perhatian ke pegawai lini depan. Saya tidak ingin lagi, ada pegawai yang melayani pelanggan dengan ogah-ogahan, atau sambil merokok. Ya okelah merokok, mungkin di lapangan situasinya berbeda dengan di dalam ruangan, namun bila sedang berbicara dengan pelanggan, matikan rokoknya dulu. Beri perhatian. Berikan senyum.

Kita hidup dari pelanggan, sudah bukan saatnya lagi kita berperilaku seperti penguasa. Kita adalah pelaku jasa, pelayan masyarakat transportasi dan logistik kepelabuhanan.

Excellent customer service, bagaimana melayani pelanggan dengan sebaik-baiknya, adalah value (nilai) yang perlu kita kembangkan pada perusahaan ini. SDM sebagai aset, harus kita tumbuhkembangkan dengan skill, knowledge, dan attitude yang berorientasi kepada kepuasan pelanggan.

Sistem penilaian kinerja, yang saat ini sudah menjadi pertimbangan pemberian bonus, yang lazim dikenal sebagai SMKI (Sistem Manajemen Kinerja Individu). Ini juga harus ditindaklanjuti dengan kejelasan job description untuk tingkat pelaksana. Semua pegawai kita harus memahami tugas, tanggung jawab, dan wewenangnya. Saya tahu, ada cabang-cabang tertentu yang sudah bagus, namun saya juga tahu, ada cabang tertentu yang masih perlu ditingkatkan.

Ayo, saatnya sekarang untuk semakin berbenah. Agar perusahaan ini semakin baik ke masa depan. (sebagaimana disampaikan kepada Forum Human Capital Pelindo III edisi 1 Thn I Bulan Juli Agustus 2011; ndp)

Comments